Prioritaskan BLT, Sejumlah Kegiatan Dalam APBDes Kongkomos Tahun 2020 Dipending

10 Mei 2020
Penulis 

Kades Kongkomos Kec.Basidondo, Tolitoli, Drsm Muh. Nur  bersama Istri

 

ClickNnews.com [Kongkomos-Tolitoli] - Tuntutan situasi di tengah Pandemi Covid-19 mengharuskan fokusnya agenda pemerintah Desa Kongkomos pada penanganan dampaknya dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa. 

Untuk itu penyaluran BLT Dana Desa kepada warga terdampak sangat diprioritaskan. Konsekuensinya, sejumlah kegiatan yg dianggarkan dan ditetapkan dalam APBDes Kongkomos Tahun 2020 ini terpaksa ditunda. 

Hal itu dikemukakan Kades Kongkomos, Drs. Moh. Nur kepada media in, Ahad (10/5/2020). Menurut Kades, sejumlah kegiatan yg ditunda tersebut diantaranya kegiatan Stunting, Kegiatan Pembinaan Pemuda dan Olahraga dan Pembangunan Gedung PAUD. 

Kegiatan tersebut, menurut kades, nantinya akan dilanjutkan pada anggaran tahun berikutnya (2021). 1 Kegiatan tersebut, meski semua sudah mendesak untuk dilaksanakan tahun ini, tapi mengingat BLT ini juga sudah diperioritaskan tahun ini sebagaimana yg diamanatkan dalam PMK Nomor 40 Tahun 2020 maka mutlak harus dilaksanakan. 

"Sebagaimana disebutkan dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 40 tersebut, bahwa ditetapkannya BLT ini sebagai program prioritas yg dianggarkan dalam DD adalah akibat dari dampak Pandemik Covid 19 yang diberikan kepada warga masyarakat miskin yg tdk terdata dalam bantuan sosial seperti PKH, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), atau yg kehilangan pekerjaan akibat Covid 19 ini," tandas Muh. Nur. 

Keharusan memasukkan program BLT ini berlaku bagi seluruh desa di Indonesia dengan anggaran 600 ribu per bulan selama 3 bulan mulai bulan April, Mei da Juni. 

Untuk penyaluran tahap I selambat-lambatnya diberikan kepada penerima manfaat atau yang berhak menerima minggu pertama bulan Mei, dengan jumlah alokasi anggaran untuk BLT maksimal 35 % bagi desa yg memperoleh pagu anggaran diatas 800 - 1.200 juta. 

Sementara bagi desa yang hanya memperoleh pagu anggaran 800 juta hanya 30 % atau dibawah 800 juta hanya 25 %. 

Selain bantuan BLT, semua desa juga dipangkas anggaran DDnya sebesar kurang lebih 10 juta. Akibat dari adanya program BLT dan pemangkasan 10 juta setiap desa tersebut mutlak dituntut kerja keras. Mulai dari pendataan warga penerima BLT sampai kepada perubahan APBDes.....(Abi).

Tinggalkan Komentar Anda

Terimakasih Telah Berpartisipasi Memberikan Komentar

English News

Peduli Bencana

Sosok dan Komunitas

PT. TRIPUTRA MEDIA NUSANTARA

AKTA PENDERIAN PERSEROAN TERBATAS

PT. TRIPUTRA MEDIA NUSANTARA

No.07 Tanggal, 10 Desember 2019

KEPUTUSAN MENTERI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA

REPUBLIK INDONESIA : Nomor AHU-006384.AH01.01.Tahun 2019

BERITA TERPOPULER

PENULIS POPULER