Berkah Ramadhan, Kades Kongkomos Selesaikan Sejumlah Program Pembangunan Desa Semester Pertama

18 Mei 2020
Penulis 

Drs. Moh. Nur, Kades Kongkomos Kecamatan Basi Dondo, Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah

 

ClickNnews.com [Kongkomos-Tolitoli] - Demi tugas dan tanggung jawab, meski sedang jalankan ibadah puasa, Kades Kongkomos, Drs. Moh. Nur tetap aktif menjalankan kewajibannya sebagai penyelenggara pemerintahan desa.

Keberkahan Bulan Romadho telah memberinya kekuatan untuk menyelesaikan program pemerintahan yang mendasar terkait pembangunan desanya, Menurut Kades Drs. Moh. Nur, selama bulan puasa ini sejumlah agenda kegiatan di desanya berhasil diselesaikan baik kegiatan fisik maupun non fisik.

Untuk kegiatan fisik, dari tiga item pekerjaan yang dialokasikan anggaran pada tahap I, di Enam bulan (semester pertam) tahun ini, sudah dua kegiatan selesai 100 persen. Dua kegiatan yang sudah selesai adalah pembangunan jalan usaha tani sepanjang 400 meter dan peningkatan jalan lingkungan sepanjang 300 meter.

Dari sisi kebutuhan warganya, terang saja kedua program itu menjadi penunjang utam pembangunan desa dalam akses peningkatan usaha pertanian untuk meningkatkan perekonomian warganya. Demikian pula dengan program peningkatan jalan lingkungan yang menjadi harapan warga untuk leluasa menggunakan akses jalur transportasi sehari-harinya.

"Saat ini kedua jalan tersebut sudah dinikmati oleh masyrakat baik sebagai akses menuju lahan perkebunan maupun sebagai akses sehari-hari mereka," ungkap kades kepada awak media ini, Senin (18/5/2020).

Selain jalan Usaha Tani dan jalan lingkungan, kegiatan fisik lainnya yang telah mengalami progres yang signifikan walau pun masih dalam tahap proses pekerjaan adalah Pembangunan Balai Kemasyarakatan.

Dikatakan Moh. Nur, pekerjaan pembangunan balai ini terus berjalan, dan sekarang sudah mulai pemasangan dinding dan persiapan pemasangan konseng pintu dan jendela.

Kades pun menargetkan, jika tdk ada aral melintang, pembangunan ini akan selesai paling lambat Agustus mendatang. Saat itu menurutnya sudah biasa digunakan.

Sedangkan untuk kegiatan non fisik yang sudah selesai dilaksanakan 100 persen pada tahap pertama di bulan puasa ini adalah kegiatan penyaluran BLT Dana Desa.

Menurut Kepala Desa Dua Periode ini, program BLT Dana Desa merupakan kegiatan yang cukup menyita waktu, tenaga dan pemikiran. Tahapannya cukup melelahkan hingga akhirnya sebanyak 71 KK dapat ditetapkan sebagai penerima dan telah selesai penyalurannya.

Ada pun penyaluran BLT Dana Desa tahap berikutnya, dijelaskan Kades, direncanakan akan dilaksanakan kembali hari kamis 21 Mei mendatang...... (Abi).

Tinggalkan Komentar Anda

Terimakasih Telah Berpartisipasi Memberikan Komentar

English News

Peduli Bencana

Sosok dan Komunitas

PT. TRIPUTRA MEDIA NUSANTARA

AKTA PENDERIAN PERSEROAN TERBATAS

PT. TRIPUTRA MEDIA NUSANTARA

No.07 Tanggal, 10 Desember 2019

KEPUTUSAN MENTERI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA

REPUBLIK INDONESIA : Nomor AHU-006384.AH01.01.Tahun 2019

BERITA TERPOPULER

PENULIS POPULER