Setelah Lebih Dari 4 Bulan Menanti, Akhirnya ADD Di Tolitoli Cair Juga, Seluruh Kepala Desa dan Aparatnya Kini Bisa Bernapas Legah

18 Mei 2020
Penulis 

SP2D ADD Desa Kongkomos Tahap I Tahun 2020

 

ClickNnews [Tolitoli-Sulteng] - Para Kepala Desa dan aparatnya di Kabupaten Tolitoli kini bisa bernapas legah. Setelah bebarapa waktu lalu pemberitaan media ini soal Aparat Desa 4 Bulan belum menerima gaji karena Alokasi Dana Desa (ADD) tak kunjung cair hingga mamasuki Bulan Mei, akhirnya mendapat kabar cairnya ADD, Senin (18/5/2020).

Kabar telah cairnya ADD yang salah satunya memuat gaji Kepala Desa dan Aparat Desa diperoleh dari sumber yang memastikan hal itu setelah meneriman Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) dari Badan Keuangan Daerah Kabupaten Tolitoli.

Alokasi Dana Desa tersebut pencairannya melaui Bank Sulteng. SP2D tersebut secara kolektif diserahkan ke Bank Sulteng sejak Senin pagi. Selanjutnya Kades langsung berurusan dengna pihak Bank Sulteng di Jl. Sultan Hasanuddin Tolitoli.

Meski demikian, informasi yang berhasil dihimpun media ini, ADD yang telah dicairkan dengan SP2D itu untuk Senin pagi tadi hanyalah Desa yang sudah menyetor APBDesnya.

Kades Kongkomos, Drs. Moh. Nur yang dikonfirmasi media ini membenarkan kalau dana ADD Desa Kongkomos sudah cair TW I ini. Pihaknya pun akan segera memerintahkan kepada seksi PPKD untuk segera membuat Surat Perintah Pencairan (SPP) sebagai dasar bendahara untuk melakukan pencairan.

Dengan cairnya Dana ADD yang nota bene adalah gaji Kades dan Perangkat Desa dan sejumlah lembaga desa seperti BPD, RT dan pegawai Syar'i, akan meringankan beban mereka disaat pandemi Covid -19. Terlebih lagi mereka menghadapi lebaran Idul Fitri 1441 H. yang pastinya membutuhkan biaya.

"Saya selaku Kades Kongkomos sangat berterimah kasih kepada pihak Pemerintah Daerah, bisa dengan secepatnya mencairkan dana ADD apalagi dengan kondisi sekarang ini," ungkap Moh. Nur.

Pencairan ADD tersebut, sesua dengan uapa yang disampaikan Kepala BKD Kabupaten Tolitoli, Moh. Asrul Bantilan, S.Sos., saat menanggapi pemberitaan terkait keterlambatan Gaji Aparat Desa belum lama ini. Saat itu Asrul menjajnjikan pencairan akhir Bulan Mei atau Awal Bulan Juni jika Kas masih tersedia setelah pembayaran THR PNS dan Sertifikasi Guru di Kabupaten Tolitoli.

Hingga berita ini di tayangkan, redaksi masih belum mendapatkan konfirmasi langsung dari Kepala BKD Tolitoli terkait cairnya ADD sejak Senin Pagi...... (Redaksi).

Tinggalkan Komentar Anda

Terimakasih Telah Berpartisipasi Memberikan Komentar

English News

Peduli Bencana

Sosok dan Komunitas

PT. TRIPUTRA MEDIA NUSANTARA

AKTA PENDERIAN PERSEROAN TERBATAS

PT. TRIPUTRA MEDIA NUSANTARA

No.07 Tanggal, 10 Desember 2019

KEPUTUSAN MENTERI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA

REPUBLIK INDONESIA : Nomor AHU-006384.AH01.01.Tahun 2019

BERITA TERPOPULER

PENULIS POPULER