Berapa Anda Beli BBM Hari Ini? Minyak Dunia Makin Murah, Pertamina Belum Mau Turunkan Harga

24 Maret 2020
Penulis 

ClickNnews.com [Jakarta] - Harga minyak mentah internasional terus mengalami penurunan di kuartal pertama 2020. Bahkan kemarin hari Senin 23 Maret 2020, harganya merosot di posisi terendah sejak Januari 2016.

Minyak mentah Brent dibanderol US$26,98 per barel. Mendekati harga jual pada Januari 2016 senilai US$26,01 per barel.

Penurunan harga minyak internasional di tiga bulan pertama 2020 itu ternyata tidak diikuti oleh PT Pertamina. Harga bahan bakar minyak (BBM) non subsidi yang mengikuti harga keekonomian dunia tidak berubah.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina Fajriyah Usman mengungkapkan, pada prinsipnya Pertamina selaku operator, Pertamina akan menyesuaikan dengan peraturan Pemerintah. Sampai saat ini harga BBM mengacu pada ketentuan dari Kementrian ESDM, dan Pertamina selalu comply dengan hal tersebut.

"Apabila nanti ada perubahan peraturan atau kebijakan, Pertamina akan menyesuaikan," ungkap Fajriyah Usman.

Meski demikian, dia menjabarkan, penyesuaian harga BBM ditentukan beberapa faktor. Antara lain harga minyak dunia, nilai tukar rupiah terhadap dollar, dan inflasi. Perhitungan harga jual BBM Non Subsidi dan Non Penugasan pun ditetapkan Pertamina secara periodik bulanan. Dengan mempertimbangkan salah satunya adalah perkembangan harga minyak dan harga BBM di pasaran.

"Pertamina akan mengacu pada kebijakan dan ketentuan Kementerian ESDM dalam hal penyesuaian harga BBM Non Subsidi. Sedangkan harga BBM subsidi atau penugasan adalah kewenangan Pemerintah untuk penetapan harga jualnya," ungkapnya.

Diketahui, Pertamina sudah melakukan penurunan harga BBM Non Subsidi pada Februari lalu. Harga BBM Pertamina yang berlaku pun diklaim ini masih kompetitif atau lebih rendah dari harga penjual BBM lainnya.

"Pertamina terus memantau pergerakan harga minyak dunia dan nilai tukar Rupiah terhadap Dollar sebagai faktor utama yang menentukan harga BBM," tambahnya.

Harga jual BBM Non Subsidi Pertamina di SPBU saat ini sebagai berikut : Pertamax Turbo ( RON 98) Rp9.850/liter.  Pertamax ( RON 92) Rp9.000/liter. Pertalite (RON 90) Rp7.650/liter. Pertamina Dex (CEN 53) Rp10.200/liter. Dexlite ( CEN 51) Rp9.500/liter........(CNnews / VIVA)

Tinggalkan Komentar Anda

Terimakasih Telah Berpartisipasi Memberikan Komentar

HUKRIM

English News

TNI-POLRI

Peduli Bencana

Sosok dan Komunitas

PT. TRIPUTRA MEDIA NUSANTARA

AKTA PENDERIAN PERSEROAN TERBATAS

PT. TRIPUTRA MEDIA NUSANTARA

No.07 Tanggal, 10 Desember 2019

KEPUTUSAN MENTERI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA

REPUBLIK INDONESIA : Nomor AHU-006384.AH01.01.Tahun 2019

BERITA TERPOPULER

PENULIS POPULER