Mekanisme Baru Pencairan Dana Desa 2020, Ini Formasinya

16 Januari 2020
Penulis 

ClickNnews.com, Jakarta ][ Mekanisme pencairan dana desa kini telah diubah. Formulasi yang diterapkan selama ini dianggap kurang efektif dalam realisasi anggaran desa.

 
Sebelumnya, formasi pencairan ada tiga tahap yang terdiri dari 20 persen untuk tahap pertama, 40 persen tahap kedua, dan 40 persen tahap ketiga.
 
 
Perubahan yang baru memberi kelegahan anggaran ditahap awal sebesar 40 % dari anggaran. Sehingga kebalikan dari sebelumnya menjadi 40, 40 dan 20.

"Sekarang 40 persen tahap pertama, 40 persen tahap kedua, 20 persen tahap ketiga," ucap Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kemenkeu Astera Primanto Bhakti seperti dilansir CNN Indonesia.com, Rabu (15/1/2020).

Astera merinci tahap pencairan tahap pertama akan dilakukan paling cepat Januari dan paling lambat Juni. Kemudian, pencairan tahap kedua dilakukan Maret atau paling lambat Agustus, sedangkan pencairan tahap ketiga dilakukan pada Juli.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan perubahan mekanisme pencairan dana desa merupakan perintah langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal ini juga dilakukan agar lebih tepat sasaran dan tetap akuntabel.

"Untuk 2020, penyaluran Dana Desa kami ubah. Bapak Presiden meminta agar 40 persen dibayar di depan," ujar Sri Mulyani........ (****)

Tinggalkan Komentar Anda

Terimakasih Telah Berpartisipasi Memberikan Komentar

HUKRIM

English News

TNI-POLRI

Peduli Bencana

Sosok dan Komunitas

PT. TRIPUTRA MEDIA NUSANTARA

AKTA PENDERIAN PERSEROAN TERBATAS

PT. TRIPUTRA MEDIA NUSANTARA

No.07 Tanggal, 10 Desember 2019

KEPUTUSAN MENTERI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA

REPUBLIK INDONESIA : Nomor AHU-006384.AH01.01.Tahun 2019

BERITA TERPOPULER

PENULIS POPULER