Soal Ketersediaan Beras, Dirut Bulog Minta Masyarakat Tidak Khawatir, Begini Kekuatan Beras Bulog

15 Mei 2020
Penulis 

 

 

ClickNnews.com [Jakarta] - Budi Waseso selaku Direktur Utama Perum Bulog meminta masyarakat tidak khwartir soal cadangan beras saat ini.

Meski masa pandemi Covid-19 dimana Bulog aktif melayani agenda bansos, mantan Kabareskrim Mabes Polri itu tetap optimis dengan kekuatan cadangan beras pemerintah.

"Sampai Juni, beras kita bisa sekitar 1,8 juta ton. Jadi akan banyak, masyarakat juga jangan khawatir soal beras," kata Buwas seperti dilansir Antara News, Jum'at (15/5/2020).

Budi Waseso menyebutkan ketersediaan beras yang dimiliki Perum Bulog saat ini mencapai 1,4 juta ton. Bahkan menurut predikisinya hingga Bujan Juni akan mencapai 1,8 juta ton.

"Sekarang masih ada 1,4 juta ton beras Bulog, walaupun kita gunakan untuk bansos dalam pandemi ini, kita masih ada stok, ditambah penyerapan lagi," katanya.

Buwas menyebutkan bahwa stok cadangan beras Bulog hingga Juni 2020 mencapai 1,8 juta ton melalui optimalisasi serapan gabah atau beras petani pada masa panen raya. Selama masa panen yang dimulai Maret hingga Juni mendatang, Bulog menargetkan penyerapan gabah petani mencapai 650.000 ton setara beras.

"Prediksi saya yang sudah kontak dengan kelompok tani dan beberapa supplier gabah, kita sudah ada kontrak 650.000 ton dan sekarang bertahap. Tapi ada penyerapan di luar kontrak, jadi prediksi saya paling rendah, sampai Juni kita punya serapan 650.000 ton," tandas Buwas.

 

Perum Bulog menargetkan pengadaan beras untuk cadangan beras pemerintah (CBP) sebanyak 950.000 ton sepanjang 2020 melalui penyerapan gabah dalam negeri. Target pengadaan sebesar 61 persen tahun ini itu akan dilakukan selama tiga bulan, yakni April, Mei dan Juni. Hingga pertengahan Mei, realisasi serapan beras petani sudah mencapai 290.000 ton....... (Ma'ruf).

 

Tinggalkan Komentar Anda

Terimakasih Telah Berpartisipasi Memberikan Komentar

HUKRIM

English News

TNI-POLRI

Peduli Bencana

Sosok dan Komunitas

PT. TRIPUTRA MEDIA NUSANTARA

AKTA PENDERIAN PERSEROAN TERBATAS

PT. TRIPUTRA MEDIA NUSANTARA

No.07 Tanggal, 10 Desember 2019

KEPUTUSAN MENTERI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA

REPUBLIK INDONESIA : Nomor AHU-006384.AH01.01.Tahun 2019

BERITA TERPOPULER

PENULIS POPULER