Jahe Banyak Manfaat Namun Bisa Sebabkan Kematian, Orang Dengan Kondisi Ini Wajib Hindari

20 April 2020
Penulis 

Wedang Jahe, minuman yang diyakini memiliki khasiat mencegah virus corona yang sedang mewabah

ClickNnews.com | Jahe, dikenal luas, tanaman bumbu dapur khas Nusantara. Tanaman ini kaya manfaat. Di samping bahan rempah penambah rasa serta aroma pada makanan, jahe juga dijadikan penawar untuk mual, muntah, sakit kepala dan hidung tersumbat.

Hanya saja bagi orang dengan kondisi tertentu, jahe dapat menimbulkan masalah bahkan kematian. Untuk itu mereka yang dimaksud itu wajib menghindarinya.

Dikutip dari Sajiansedap com, berikuti ini deretan orang yang dilarang keras konsumsi jahe 1. Ibu Hamil. Selama kehamilan disarankan untuk tidak mengkonsumi jahe.

Hal ini karena stimulan alami pada jahe dapat menyebabkan kontraksi prematur. Pada kondisi yang parah, jahe bisa menyebabkan keguguran atau bayi lahir prematur.

2. Orang dengan gangguan darah. Menderita berbagai gangguan darah seperti pengenceran, pemberuan darah, maupun hemofilia tidak disarankan mengonsumsi jahe.

Jahe diketahui bisa merangsang sirkulasi darah. Namun rangsangan ini bisa berbahaya karena dapat menyebabkan pendarahan yang parah, dan kadang mematikan pada penderita gangguan darah.

3. Orang yang berat badannya kurang. Hasil penelitian menemukan bahwa pengobatan dengan ekstrak jahe menghasilkan penurunan berat badan dan tingkat lemak yang signifikan.

Hal ini bermanfaat bagi orang yang gemuk atau obesitas. Namun bila Indek Masa Tubuh seseorang sudah kurang, mengonsumsi jahe bisa berbahaya.

Pada orang kurus, jahe bisa menyebabkan kekurangan gizi, menekan nafsu makan.

4. Orang yang sedang mengkonsumsi obat. Secara umum, orang yang sedang dalam pengobatan untuk penyakit tertentu harus menghindari jahe.

Hal ini karena jahe bisa meningkatkan atau menurunkan efek obat-obatan. Beberapa obat yang diketahui bisa menurunkan efek saat dikonsumsi bersama jahe ialah obat tekanan darah tinggi atau diabetes.

Jahe juga diketahui bisa meningkatkan efek pada obat-obatan aspirin dan obat pengencer darah. Kedua kondisi tersebut sama-sama bisa berbahaya.

Bagi keempat kondisi tersebut, disarankan sebaiknya hindari mengonsumsi jahe dalam bentuk apapun.....(Redaksi).

Tinggalkan Komentar Anda

Terimakasih Telah Berpartisipasi Memberikan Komentar

English News

Peduli Bencana

Sosok dan Komunitas

PT. TRIPUTRA MEDIA NUSANTARA

AKTA PENDERIAN PERSEROAN TERBATAS

PT. TRIPUTRA MEDIA NUSANTARA

No.07 Tanggal, 10 Desember 2019

KEPUTUSAN MENTERI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA

REPUBLIK INDONESIA : Nomor AHU-006384.AH01.01.Tahun 2019

BERITA TERPOPULER

PENULIS POPULER