Alasan Virus Corona, Impor Ikan dari China Dihentikan Oleh Menteri Kelautan dan Perikanan

04 Februari 2020
Penulis 

ClickNnews.com [Jakarta] - Wabah Birus Corona di Kota Wuhan menjadi alasan utama Kementerian Kelautan dan Perikanan ( KKP) menghentikan sementara impor ikan hidup dari China.

Pemerintah, melalui Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo telah membatasi izin impor ikan dari China selama 1 bulan terakhir. Ia mengaku tak ingin mengambil risiko paling buruk.

 

"Kita juga enggak mau mengambil risiko paling buruk. Kita mau melindungi masyarakat kita dulu. Saya kira ini hal yang normal dan wajar," kata Edhy di Gedung Mina Bahari KKP, Jakarta, Selasa (4/2/2020).

Seperti dilansir Kompas.com, Edhy menuturkan, keputusan itu telah mendapat masukan dari Kementerian Luar Negeri Retno Marsudi. Artinya, keputusan tidak dibuat secara sepihak.

Edhy menginstruksikan kepada Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) untuk sigap mengecek dan mengawasi di seluruh pintu masuk pelabuhan dan bandara.

Belawan, Sumatera Utara; Tanjung Perak, Surabaya; Tanjung Emas, Semarang; Tanjung Priok, Jakarta; Makassar; Sulawesi Selatan, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang; Ngurai Rai, Bali; dan Hang Nadim, Batam, adlah pintu-pintu masuk yang membutuhkan pengawasan.

Mengkonfirmasi hal tersebut, Kepala BKIPM Rina menyatakan, penghentian impor ikan sementara dari China hanya berlaku untuk ikan hidup.

Artinya, pemerintah masih mengimpor produk perikanan beku (frozen food) namun tetap dibatasi.

"Jadi kemarin kesepakatannya temporary suspend hanya untuk life animal. (Frozen food) masih, kita tidak mengganggu perdagangan," ujar Rina.

 

 

Untuk menjamin makanan tersebut tidak terkontaminasi virus corona, Rina mengaku telah mengecek dan uji coba sampel, sekaligus memperketat pengawasan.

"Kita melakukan pengawasan yang lebih ketat untuk mengecek semua menjadi lebih intensif dan menjadi lebih ketat tanpa mengurangi kewaspadaan. Tapi sejauh ini tidak ditemukan virus tersebut dalam makanan beku," pungkasnya......(****).

Tinggalkan Komentar Anda

Terimakasih Telah Berpartisipasi Memberikan Komentar

HUKRIM

English News

TNI-POLRI

Peduli Bencana

Sosok dan Komunitas

PT. TRIPUTRA MEDIA NUSANTARA

AKTA PENDERIAN PERSEROAN TERBATAS

PT. TRIPUTRA MEDIA NUSANTARA

No.07 Tanggal, 10 Desember 2019

KEPUTUSAN MENTERI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA

REPUBLIK INDONESIA : Nomor AHU-006384.AH01.01.Tahun 2019

BERITA TERPOPULER

PENULIS POPULER