Wrga Tolitoli Eks Wuhan Pulang Kampung, Kekhawatiran Membawa Virus Corona Masih Tak Terhindari, Begini Antisipasi Satgas Coronavirus IDI Tolitoli

15 Februari 2020
Penulis 

Gambar kedatangan WNI dari Wuhan di Bandara Hang Nadim Batam beberapa waktu lalu, Foto Kemlu via Antara

 

ClickNnews.com [Tolitoli-Sulteng] - Keterangan kepulangan warga Tolitoli eks Wuhan China bernama Julita setelah menjalani karantina dan observasi di Natuna Provinsi Riau, disampaikan pemerintah RI. Julita yang beralamat Jalan Moch. Nasir, Desa Ogomoli, Kecamatan Galang, Kabupaten Tolitoli itu dinyatakan bebas dari virus corona yang mematikan itu.

Bersama Julita seorang Warga Kabupaten Banggai bernama Asrida Afrianti serta seorang lagi bernama Rifda Nur Aliyah dari Sulawesi Barat. Ketiganya diterbangkan dari Natuna dan akan di pulangkan ke kampung halaman masing-masing melalui Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu.

Asrida Afrianti, beralamat RT.01/RW.01, Kelurahan Rantau Jaya, Kecamatan Simpang Raya, Kabupaten Banggai. Sedangkan Rifdah Nur Auliyah beralamat di Jalan Palapa Raya, RT.01 RW 01, Kelurahan Balanti, Kecamatan Baras, Kabupaten Mamuju Utara.

Walau dinyatakan bebas dari Coronavirus, namun rasa khawatir terus menghantui baik warga masyarakat maupun keluarga mereka masing-masing. Hal itu mengingat ganasnya virus mematikan itu di negeri asalnya Wuhan, Tiongkok. 

Tentu hal itu mencemaskan banyak pihak. Dilain sisi akan berdampak pada perlakuan pengucilan dari pergaulan baik di keluarga maupun di masyarakat.

Terkait kepulangan 3 orang yang akan pulang pasca karantina dan observasi 14 hari itu, Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Sulawesi Tengah, dr Amin mengatakan Dinas Kesehatan sudah berkoordinasi dengan KKP di Bandar Udara Mutiara Sis Aljufrie.

"Kami akan lanjutkan koordinasi dengan Dinas Kesehatan di kabupaten/kota untuk kedatangan warga dari Natuna,” kata dr Amin seperti dilansir Kumparan com 

Dia menambahkan masyarakat Sulawesi Tengah tidak perlu kuatir. Pasalnya, dua WNI yang kembali ke Sulawesi Tengah sehat.

Sementara itu, terkait warga Ogomoli, Julita, Ketua IDI sekaligus Pembina Satgas Siap Siaga Virus Corona Tolitoli, dr. Moh. Sofyan Lahadja, Sp.B., FICS, mengatakan pihaknya siap memberikan pendampingan medis kepada Juliati setibanya di Tolitoli.

Kepada Clicknusantaranews.com, dokter ahli bedah itu mengatakan telah berkoordinasi dengan IDI pusat dan telah berbicara langsung dengan dr. Yurianto yang menangani langsung observasi di lokasi karantina Kabupaten Natuna.

"Alhamdulillah, saya sudah konfirmasi dengan para pihak. Termasuk dengan PB IDI di Jakarta. Begitu juga dengan dokter yang menangani observasi, dr. Yurianto", ujar dr. Sofyan.

"Saya sudah konfirmasi, beliau katakan mereka sehat. Tidak perlu khawatir. Hanya perlu didampingi saja agar tidak ada stigmatisasi dari lingkungan", ujar Ketua IDI Tolitoli itu menyampaikan hasil pembicaraannya dengan dr. Yurianto, Sabtu (15/2/2020).

Menurut Sofyan, walau pun sudah ada garansi mereka sehat dan bebas virus corona, namun sesuai petunjuknya, akan terus memantau dan diminta untuk terus adanpemeriksaan kesehatan secara berkala......(****)

Tinggalkan Komentar Anda

Terimakasih Telah Berpartisipasi Memberikan Komentar

HUKRIM

English News

TNI-POLRI

Peduli Bencana

Sosok dan Komunitas

PT. TRIPUTRA MEDIA NUSANTARA

AKTA PENDERIAN PERSEROAN TERBATAS

PT. TRIPUTRA MEDIA NUSANTARA

No.07 Tanggal, 10 Desember 2019

KEPUTUSAN MENTERI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA

REPUBLIK INDONESIA : Nomor AHU-006384.AH01.01.Tahun 2019

BERITA TERPOPULER

PENULIS POPULER