Mengejutkan, IDI Cabang Tolitoli Umumkan Dokter Senior RSUD Mokopodi Positif Covid-19 Atas Permintaannya Sendiri

13 Mei 2020
Penulis 

ClickNnews.com [Tolitoli-Sulteng] - Kabar mengejutkan dari Rumah Sakitu Umum Mokopido Tolitoli, Sulawsi Tengah terkait terpaparnya Dokter Senior Rumah Sakit itu oleh virus corona atau coid-19.

Melalui rilis berita Ikatan Dokter Indonesia Cabang Tolitoli, disebutkan bahwa Satu dari Empat pasien yang baru saja dinyatakan positif Covid-19 adalah dr. Mansyur. Ia dinyatakan positif covid-19 pada 12 Mei 2020 setelah ikut memeriksakan diri pada 8 Mei 2020 lalu.

Kerahasaiaan identitas pasien Covid-19 sesuai aturan sangatlah ketat dan dijaga untuk tidak dibuka ke publik. Namun demikian, IDI Tolikutantoli menegaskan bahwa rwgulasi itu perkecualian jika ada persetujuan dari pasien yang bersangkutan.

"Bahwa sampai saat ini, Regulasi mengatur bahwa data pasien covid-19 tidak bisa dibuka ke Publik, kecuali salah satunya atas persetujuan dari pasien dan pernyataan bersedia disampaikan ke Publik," terang IDI dalam rilisnya yang diterima media Ini, Rabu (13/5/2020)

Pengurus IDI Cab Tolitoli, prihatin karena atas apa yang menimpa dr. Mansyur salah saorang anggotanya yang juga pernah menjadi Direktur RSU Mokopido itu terkonfirmasi positif berdasarkan hasil swab. Kenadati begitu, rasa syukur diungkapkan karena keadaanya sampai saat ini masih baik-baik.

"Alhamdulillah beliau keadaannya sampai saat ini baik. Setelah kami melakukan komunikasi dengan beliau, via telp, untuk kepentingan tracing, beliau menyampaikan pernyataan dan dan agar disampaikan ke Masyarakat Kab Tolitoli," ungkap IDI Tolitoli.

Dalam rilis tersebut IDI menyampaikan pernyataan dari dr. Mansyur. Berikut selengkapnya.

Berikut Pernyataan Senior kami

dr. H. Mansyur

Assalamu Alaikum War.Wab.
Alhamdulillah, dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa atas Rahmat dan Inayahnya sehingga sampai hari ini masih tetap sehat walafiat.
Sebagaiman teman2 semua sdh mendengar atau membaca bahwa berdasarkan hsl pemeriksaan swab yg dilaksanakan pd tgl 8 Mei 2020 dan hslnya diumumkan pada tgl 12 Mei 2020, dinyatakan hasilnya Positip 4 org dan salahsatu dari 4 orang itu adalah saya.
Berita ini tentu sangat berat dan sangat memukul bagi saya apalagi keluarga saya, tapi itulah kenyataan yg sy harus terima. Saya sekarang berstatus penderita Covid 19 yg dapat menularkan virus Covid 19 kepada setiap orang yg kontak langsung.
Sore itu, Jumat 8 Mei 2020 sy tdk sakit atau gejala sakit, sy mendapat informasi bahwa sore itu ada pemeriksaan swab untuk dokter2. Jadi sy pun minta ikut diperiksa, dan hasilnya diluar perkiraan saya.
Untuk itu kepada teman2 semua; kepada masyarakat Tolitoli dan sekitarnya yg pernah kontak langsung dgn saya, pada kesempatan ini sy mohon maaf beribu maaf karena akibat kontak langsung dgn sy maka teman2, bapak/ibu harus diperiksa oleh petugas kesehatan jangan sampai tertular Covid 19.
Dan sy juga menghimbau kepada teman2, bapak/ibu yg pernah kontak langsung dng saya dan belum dihubungi oleh petugas kesehatan kiranya dapat secara sukarela melaporkan diri ke petugas kesehatan.
Demikian penyampaian dari sy dan saya bersama keluarga minta keikhlasan teman2 semua untuk mendoakan kapada Allah SWT agar sy bersama keluarga diberikan kekuatan dan kesehatan sehingga bisa bebas dari virus Covid 19.
Wassalam.

Demikian penyampaian kami, semoga semua pasien konfirmasi positif Covid-19, ODP dan OTG diberikan kekuatan dan kesembuhan dari Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa.
Kepada dr. H. Mansyur dan Keluarga mari kita doakan agar senantiasa diberikan ketabahan, dan kesembuhan oleh Allah SWT. Aamiin YRA

Terkait hal tersebut, dalam Rilis Berita yang di tandatangani KEtua IDI Tolitoli, dr. Moh. Sofyan, Sp.B., FICS dan Sekretarisnya, dr. Faisal YK, Sp.Rad., M.Kes., IDI menghimbau kepada seluruh masyarakat Kab Tolitoli, agar tetap disiplin pada protokol Kesehatan yang dianjurkan Pemerintah...... (Redaksi)

 

Tinggalkan Komentar Anda

Terimakasih Telah Berpartisipasi Memberikan Komentar

HUKRIM

English News

TNI-POLRI

Peduli Bencana

Sosok dan Komunitas

PT. TRIPUTRA MEDIA NUSANTARA

AKTA PENDERIAN PERSEROAN TERBATAS

PT. TRIPUTRA MEDIA NUSANTARA

No.07 Tanggal, 10 Desember 2019

KEPUTUSAN MENTERI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA

REPUBLIK INDONESIA : Nomor AHU-006384.AH01.01.Tahun 2019

BERITA TERPOPULER

PENULIS POPULER