Ketua Pansus DPRD Kota Gorontalo Sarankan Pemkot Segera Bentuk Dinas Pendapatan Daerah 

13 Mei 2020
Penulis 

Tien Suhartin Mobiliu, Ketua Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kota Gorontalo

 

ClickNnews.com [Gorontalo] – Ketua Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kota Gorontalo, Tien Suhartin Mobiliu, menyarankan agar pemerintah setempat dapat segera membentuk Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) sebagai upaya untuk menggali potensi sumber daya penghasilan daerah.

Tien menyampaikan hal itu dalam rapat pembahasan terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota Gorontalo tahun 2019. Selasa (12/5/2020).

“Saya tadi menyampaikan, bagaimana kalau kita dirikan dan bentuk suatu dinas pendapatan seperti di kota-kota lainnya,” kata Tien.

Dari hasil pembahasan pihaknya bersama pemerintah setempat, kata Tien, memang diwarnai dengan berbagai pertanyaan dan masukan-masukan.

“Di mana hasil diskusi kami tadi bersama Pemerintah Kota, memang kami menemukan dan ada beberapa yang harus kami cermati di mana mereka mengalami kesulitan,” ungkap Tien.

Ia menyebut, salah satu di antaranya mengembalikan Kota Gorontalo sebagai kota jasa. Sehingga tentunya perlu menggali sektor-sektor pendapatan yang bisa dijadikan untuk menambah pundi-pundi pendapatan asli daerah (PAD).

Ia tidak melihat dulu regulasi, dan kemampuan keuangan, tetapi melihat hal tersebut sudah perlu dibentuk.

"Nah kalau memang dia harus merger dengan dinas apa, ayo kita diskusikan sekiranya dia harus liner. Jadi ia tadi juga menyarankan kepada pemerintah setempat, karena kota kita ini masih terbilang kecil, dan sektor pendapatan yang kadang setiap tahun tidak capai target meski telah ditargetkan,” jelasnya.

Sehingga, menurut Srikandi tiga periode ini, hal itu menjadi beban kerja, khususnya bagi DPRD dan pemerintah untuk bagaimana bisa meningkatkan PAD, salah satunya dengan membentuk Dinas Pendapatan Daerah........ (Zul).

Tinggalkan Komentar Anda

Terimakasih Telah Berpartisipasi Memberikan Komentar

HUKRIM

English News

TNI-POLRI

Peduli Bencana

Sosok dan Komunitas

PT. TRIPUTRA MEDIA NUSANTARA

AKTA PENDERIAN PERSEROAN TERBATAS

PT. TRIPUTRA MEDIA NUSANTARA

No.07 Tanggal, 10 Desember 2019

KEPUTUSAN MENTERI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA

REPUBLIK INDONESIA : Nomor AHU-006384.AH01.01.Tahun 2019

BERITA TERPOPULER

PENULIS POPULER